Obat Corona, Asing Masuk & Data Ekonomi, Jadi Sentimen IHSG

Jakarta, CNBC Indonesia – Jelang akhir pekan lalu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di posisi 4.713,87 poin atau menguat 3,12% sepanjang hari.

Sentimen baik datang dari Gilead Science yang telah menemukan obat COVID-19, remdesivir. Kabar terbaru, obat ini telah mendapatkan izin dari FDA dan Gilead akan menyumbang 1,5 juta botol remdesivir untuk negara asal perusahaan ini.

Berdasarkan catatan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), nilai transaksi pada perdagangan Kamis (30/4/2020) pekan lalu, mencapai Rp 10,31 triliun, dengan investor asing melakukan aksi beli bersih (net buy) mencapai Rp 431,65 miliar di seluruh pasar. Saham-saham yang naik ada 258 saham, stagnan sebanyak 146 dan yang turun 136 saham.

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan di pekan ini terdapat sejumlah sentimen yang dinantikan oleh pelaku pasar. Data PMI manufacturing yang diikuti dengan data inflasi yang dimana secara YoY diperkirakan akan adanya penurunan akibat Covid-19 yang berdampak pada penurunan daya beli.

Fokus utama berikutnya akan datang esok hari yang dimana data mengenai pertumbuhan ekonomi akan diumumkan. Sekuritas ini melihat secara kuartalan tingkat pertumbuhan ekonomi akan berada di teritori negatif, namun secara YoY masih berada di area positif.

Selanjutnya di Amerika dan Eropa juga akan merilis sejumlah data penunjang ekonominya, mulai dari PMI manufacturing yang diperkirakan juga akan menurun hingga Initial Jobless Claims.

Sentimen lainnya, menurut Reliance Sekuritas Indonesia, beberapa negara dengan ekonomi terbesar mulai melakukan pelonggaran lockdown namun pelaku pasar masih mencermati perkembangan kemungkinan gelombang kedua dari pandemi ini.

Selain itu, jatuhnya kinerja korporasi selama kuartal I-2020 dan turunnya sejumlah data ekonomi juga menjadi perhatian. Perdebatan antara Amerika dan China mengenai sumber Covid-19 juga menjadi sentimen lainnya.

Panin Sekuritas menyebutkan di akhir pekan lalu HSG mengalami perdagangan besar dan penguatan signifikan atas sentimen re-opening negara-negara lain dan menyambut investor asing yang melakukan beli bersih setelah sekian lama melakukan penjualan.

Secara teknikal dengan ditembusnya level resistance 4.700 maka IHSG memasuki uptrend. Namun muncul sentimen baru dari luar, yaitu perang tarif AS – China kembali memanas..

Untuk perdagangan hari ini IHSG berpotensi mixed cenderung melemah dalam range support 4.680 dan resisten di 4.811.

 

 

https://www.cnbcindonesia.com/market/20200504083330-17-155952/obat-corona-asing-masuk-data-ekonomi-jadi-sentimen-ihsg

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan