Pilkades Sintang Diputuskan Pada 18 Oktober 2022

 

SintangPemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sintang diputuskan akan digelar pada 18 Oktober 2022, jadwal itu berdasarkan hasil rapat Komisi A DPRD Sintang dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Sintang, kamis 9 Juni 2022.

“Jadwal Pilkades serentak sudah final, yakni hari Selasa tanggal 18 Oktober 2022 yang diikuti 72 desa. Desa yang melaksanakan Pilkades serentak tersebar di 14 kecamatan se-Kabupaten Sintang,” ungkap  Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa.

Selanjutnya anggota Dewan yang berasal dari daerah pemilihan kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu mengatakan, tahapan Pilkades serentak dimulai tanggal 12 Juni 2022 hingga 20 Juni 2022. “Rentang waktu itu adalah pengumuman tahapan Pilkades serentak. Nantinya BPD akan membentuk panitia Pilkades di wilayah masing-masing. Dan per hari ini, mereka sudah boleh memulai membentuk panitia Pilkades tersebut sambil menunggu tahapan-tahapan yang sudah dijadwalkan,” ucapnya.

Anggota DPRD yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa ini, berharap pelaksanaan Pilkades serentak se-Kabupaten Sintang berjalan lancar sesuai dengan tahapan. Dan tentunya sesuai juga dengan apa yang kita inginkan bersama.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Sintang Herkolanus Roni menjelaskan bahwa, pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2022 diikuti oleh 72 desa di kabupaten Sintang.

Roni mengatakan, pihaknya sudah menyurati kecamatan dan desa untuk segera membentuk panitia pelaksana Pilkades ditingkat desa. Pada tanggal 21, Juni, 2022 DPMPD kabupaten Sintang akan menggelar rapat persiapan, tujuannya untuk menyelesaikan kepada masyarakat bahwa, kabupaten Sintang agar segera melaksanakan tahapan Pilkades Serentak.

“Dalam rapat tersebut terkait dengan laporan dan kesiapan untuk melaksanakan tahapan Pilkades hingga ditindaklanjuti oleh panitia pelaksana di desa masing-masing,” terang Roni.

Pada pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2021 Kabupaten Sintang mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Roni menyebutkan tahun 2021 Pilkades Serentak yang diikuti oleh 291 desa berjalan dengan aman berkat koordinasi yang dilakukan ke berbagai steck holder, juga dukungan dari berbagai pihak.

“Saya pikir itu tidak terlepas dari netralitas teman-teman panitia pelaksana di desa. Kami juga selalu mengimbau kepada seluruh panitia pelaksana bersikap netral,” paparnya.

Sama seperti tahun 2022 ini  Roni berharap kepada semua pihak, apalagi masyarakat sudah memahami dengan pelaksanaan Pilkades Serentak ini, tentu karena tahun 2022 lebih sedikit hanya 72 desa yang melaksanakan sehingga bisa lebih sukses.

“Dengan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi harapannya pelaksanaan Pilkades Serentak tahun ini bisa terlaksana dengan aman, tertib dan lancar. Masyarakat dapat memberikan hak suaranya,” pungkas Roni. (LUK)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan